Syahrudin Putera Buka BIMTEK Penilaian Kinerja PNS

RAKYATINDONESIA.CO.ID-Lampung TimurSekretaris Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Putera, Memberi Sambutan dalam acara Bimbingan Teknis (BIMTEK) Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil yang dilaksanakan di Aula Bawah Sekretariat Daerah Kabupaten Lampung Timur, Rabu, (28/11/2018).

Acara tersebut dibuka oleh Sekretaris Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Putera, ditandai dengan dilakukannya penyematan tanda peserta secara simbolis kepada peserta.
Untuk diketahui penilaian kinerja PNS (Pegawai Negeri Sipil) dilakukan secara objektif, terukur, akuntabel, partisipatif, dan transparan. Hasil penilaian kinerja PNS digunakan untuk menjamin objektivitas dalam pengembangan PNS, dan dijadikan sebagai persyaratan dalam pengangkatan jabatan dan kenaikan pangkat, pemberian tunjangan, sanksi, mutasi, promosi, serta untuk mengikuti diklat.

Penilaian kinerja PNS sendiri bertujuan untuk menjamin objektivitas pembinaan PNS yang didasarkan pada sistem prestasi dan sistem karir. Penilaian kinerja PNS dilakukan berdasarkan perencanaan kinerja pada tingkat individu dan tingkat unit atau organisasi, dengan memperhatikan target, capaian, hasil, dan manfaat yang dicapai, serta perilaku PNS.
Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Kabupaten Lampung Timur menjelaskan bahwa untuk bisa melayani masyarakat perlu berbagai persyaratan yang telah tercantum pada Undang-Undang Nomor 05 Tahuh 2014 tentang aparatur sipil negara.

“Dengan luas Lampung Timur yang sedemikian besar, dengan jumlah penduduk yang sedemikian tinggi, tentu dinamikanya tinggi, jadi tuntutan tentang pelayanan publik itu menjadi keniscayaan aparatur sipil negara yang merupakan abdi masyarakat oleh karena itu untuk bisa melayani masyarakat perlu berbagai persyaratan yang telah tercantum pada Undang-Undang Nomor 05 Tahuh 2014 tentang aparatur sipil negara”.

Lebih lanjut Syahrudin berharap bimbingan teknis penilaian kerja dapat diikuti dengan baik.
“Oleh karena itu kita berharap kawan kawan yang hadir pada bimbingan teknis penilaian kerja ini bisa mengikuti dengan baik, bagi yang tidak mengerti bisa bertanya, jangan kayak yang sudah sudah, yang penting datang, duduk, ngelamun, ngantuk, pulang, meterinya ditaruh gak dibaca”.

Selain Sekretaris Daerah, hadir pula Kepala Bidang Diklat Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Lampung Timur, Hendri Widyo Haryoko, Sekertaris Kepala Bidang Diklat BKPPD Lampung Timur, Thabrani Hasyim serta Narasumber dari Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia, Gunanta dan Marsono.(Red)