Bupati Loekman Lepas Keberangkatan Ratusan Jamaah Haji Ke Tanah Suci

RAKYATINDONESIA.CO.ID, Lampung Tengah – Sebanyak 385 orang Jamaah Calon Haji Lampung Tengah (Lamteng) Kloter 37 diberangkatkan Bupati Loekman Djoyosoemarto, di Rumah Dinas Wakil Bupati, Selasa (23/07/2019).

Bupati mengatakan, keberangkatan para Jamaah Calon Haji ini merupakan awal dan rangkaian perjalanan ibadah haji dengan niat mengharap Ridho Allah SWT. Tidak lebih dan mengarah kepada hal yang tidak relevan dengan status kita sebagai hamba Allah.

“Ibadah haji salah satu rukun Islam yang diwajibkan bagi yang mampu melaksanakannya, baik dari segi ekonomi, kesehatan fisik maupun mental”, ujarnya.

Disamping itu, lanjut Loekman, jamaah calon haji harus memenuhi persyaratan, baik syarat dalam ketentuan syariat maupun syarat yang ditetapkan pemerintah.

“Ibadah haji tentunya akan bermuara pada perubahan perilaku. Berhenti dan tinggalkan segala sifat dan tabiat tidak baik yang pernah kita lakukan sebelumnya. Namun tidak hanya menjadi lebih baik bagi diri sendiri, tapi juga untuk orang lain, daerah, bangsa dan negara”, tuturnya.

Orang nomor satu di Bumi Beguai Jejamo Wawai ini berharap, jamaah calon haji hendaknya memahami hakikat dari ibadah haji, yakni ibadah secara total. Ia juga berhatap keberangkatan para jamaah calon haji Lamteng ini, selain untuk fokus melaksanakan berbagai rukun haji, tetapi juga mampu bertindak sebagai duta-duta bangsa dan duta daerah yang berbaur dengan berbagai suku bangsa, umat Islam dari seluruh penjuru dunia.

“Karena itu pelihara dan jagalah martabat dan kebersamaan. Hormati tradisi yang dimiliki bangsa lain. Saya berpesan pada jamaah haji selama berada di tanah suci jagalah kesehatan karena suhu udara sangat berbeda dengan di tanah air. Kalian harus selalu koordinasi dan berkomunikasi dengan para medis yang bertugas apabila ada sesuatu.

Diketahui, jumlah seluruh jamaah calon haji Lamteng sebanyak 1.353 orang yang terdiri dari 649 laki-laki dan 704 perempuan. Jumlah tersebut terbagi dalam lima kloter, yakni kloter 5, kloter 37, kloter 50, kloter 58, dan kloter 64.

Untuk jamaah calon haji termuda dan tertua tergabung dalam kloter 58. Jamaah haji termuda bernama Ulfa Dwinovita Sari (22), warga Kecamatan Kotagajah. Kemudian jamaah tertua bernama Waginah Atma Wirana (96), warga Kecamatan Kalirejo. (ADV)